Sejak DPRD Terbentuk, Keluarga Pangki Telah Kuasai Legislatif

oleh

BULUKUMBA,BI — Siapa yang tidak kenal dengan keturunan keluarga Pangki di Bulukumba. Banyak posisi jabatan telah banyak diisi oleh kerabat ini.

Bahkan sejak DPRD terbentuk, nama keluarga Pangki telah menghiasi panggung parlement.

Seperti Alm, Ahmad Salatin Pabotingi,
Hj. Haidah Dola yang merupakan isteri Kareng Pangki.

Mantan Ketua DPRD Bulukumba Hardi Pangki, A. Hidayat Pangki, Ruhaedah Tayyeb Pangki, A. Ilham Pangki,Muh Syahrir Dg Beta.

Bahkan saat ini kedudukan ketua dan wakil ketua I di DPRD Bulukumba diisi oleh Pangki bersaudara yakni Hamzah Pangki dan Zulkarnain Pangki.

Meski telah lama menguasai DPRD, namun tidak satupun kerabat besar di Bulukumba itu pernah menjadi Bupati ataupun wakil Bupati di kabupaten berjuluk  Butta Panrita Lopi.

Padahal tidak hanya di DPRD, bahkan pemerintahanpun telah banyak diisi oleh keturunan Veteran ini.

Seperti mantan Sekda Bulukumba, A. Untung, A. Ramli Pangki di Samsat,
A. Marjuni Pangki di Dinas Perikanan dan Keluatan, A. Mulyadi Pangki Camat di Rilau Ale, A. Mappakaya, Lurah di Jalanjang,  A. Minarni Pangki di Keuangan daerah, A. Risnawati Pangki di pertanian, Nurwina Pangki, kepsek SMP, A. Irmayanti Untung, di keuangan, A. Munawir di keuangan daerah, A. Putri Rumpang di Bappeda, A. Haris Pangki Satpol-PP, A. Nadira Kabiro di UNM serta banyak lainya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua I, DPRD Bulukumba,A. Zulkarnain  Pangki mengaku beberapa saudara dan kerabatnya hampir mengisi jabatan struktural pemerintahan di Bulukumba, bahkan hampir tersebar di beberapa kabupaten lainya di Sulawesi Selatan.

Kedepannya, Zulkarnaian mengaku akan merangkul seluruh gerbong keluarganya itu, untuk menyatu dan menjadikan Bulukumba lebih baik.

Saat ditanya mengenai pencalonan Bupati Zulkarnain belum ingin berbicara serius, siapa yang akan didorong oleh keluarga besarnya.

” Berbicara bursa Bupati mendatang, kita liat nanti siapa yang kita dorong, yang pasti kami hanya berusaha membangun Bulukumba kearah yang lebih baik,” ujar ketua PAN Bulukumba itu.(awa)