Perekrutan Dinggap Cacat, KPU Bulukumba Disegel

oleh

BULUKUMBA,BI — Aktivis Aliansi Pemerhati Demokrasi Bulukumba menyegel kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Rabu, 28 Maret. Mereka meminta meminta transpran dalam perekrutan komisioner KPU Bulukumba.

Kordinator Aksi, Adi Tompel dalam orasinya mengatakan, jika Tim Seleksi (Timsel) Anggota KPU sangat keliru dalam menjalankan tugasnya, salah satunya, yakni lolosnya beberapa anggota komisioner yang kembali ikut seleksi,padahal pernah dapat teguran keras ditahun 2014, namun tetap diterima dalam perekrutan.

Seharusnya, menurut Adi, bagi komisioner yang telah dapat teguran, untuk dipertimbangkan menjadi pelaksana. Ditakutkan akan melakukan hal yang sama, yang berbuntut sesuatu yang fatal, contohnya pada kecurangan penyelenggaraan pemilihan umum.

Selain itu, Adi juga meminta Timsel menjelaskan seperti apa indikator penilaiannya, karena ada nilai yang sama yakni 49 poin, namun meloloskan seorang wanita bernama Harum dengan alasan keterwakilan perempuan.

” Namun nyatanya Harum itu adalah laki-laki kami tahu betul kalau Harum itu adalah laki-laki, olehnya itu kami menganggap ini adalah kekeliruan dan kecurangan dari timsel karena melanggar dan cacat administrasi makanya sebaiknya timsel menganulir dan membatalkan penetapannya karena disinyalir ada permainan,” teriak Adi yang disambut sorak oleh para peserta aksi.

Sebagai bentuk kekecewaan mereka, para demonstran menyegel dan menduduki kantor KPU Bulukumba, yang hingga saat ini masih masih tertutup dengan pengawalan kepolisian. (rin)