Pengelolaan Pasar Sentral Diserahkan ke Dinas Perdagangan, DPRD Bulukumba Harap PAD Meningkat

oleh

BULUKUMBA,BI– Pengelolaan Pasar Sentral di Bulukumba, Senin 1 Januari 2019 resmi diambil alih oleh Dinas Perdagangan Bulukumba, yang sebelumnya dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Pengubahan pengelolaan tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016, tentang perangkat daerah atau kelembagaan.

Ketua DPRD Bulukumba, A Hamzah Pangki berharap agar pengalihan pengelolaan Pasar Sentral Bulukumba ke Dinas Perdagangan Bulukumba dapat memberikan efek positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita tentu berharap agar dialihkannya pengelolaan Pasar Sentral bisa meningkatkan PAD kita. Apalagi tahun 2018 PAD kita sangat rendah,” kata ketua DPD II Golkar Bulukumba, Hamzah Pangki saat meninjau aktivitas Pasar Sentral, Rabu, 2 Januari 2019.

Hamzah Pangki yang didampingi Wakil Ketua Komisi B, DPRD Bulukumba, H Safiuddin menyampaikan jika realisasi pendapatan di pasar sentral sangat rendah, dari Rp 3,7 Miliar target di 2018, namun realisasi hanya 50 persen saja.

” Kita beri waktu hingga APBD Perubahan mendatang ke Dinas Perdagangan, jika kinerjanya meningkat kita akan usulkan untuk benahi fasilitas pasar,” terang Ketua DPD II Golkar Bulukumba.

Melalui Dinas Perdagangan ini, Hamzah berharap besar PAD melalui pasar Sentral Bulukumba yang sebelumnya hanya 50 persen, bisa meningkat hingga 70 persen ditahun 2019.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Bulukumba, Idham Umar yang dikonfirmasi mangaku akan mulai bekerja dengan melakukan evaluasi diseluruh sektor agar fungsi Pasar Sentral Bulukumba bisa kembali berjalan dengan baik.

“Tentu kita akan lakukan evaluasi aparat petugas pasar, baik
administrasi, serta pembenahan sarana dan prasarana. Karena ada beberapa item yang memang perlu ada perbaikan,” ucapnya.

Selain itu, Idham juga tengah merumuskan perubahan pintu gerbang Pasar Sentral agar system keamanan bisa lebih baik. Seiring dengan realisasi pencapaian target PAD ditahun 2019.

” Kita juga tentu memikirkan apa yang diusulkan DPRD soal pintu gerbang dan parkiran yang lebih rapi lagi. Jadi tentu akan kita benahi sarana dan prasarana kita juga,” pungkasnya.(awa)