Komite medik RSUD Bulukumba Gelar Pertemuan Rutin Dalam Bentuk Penyegaran Materi Ilmiah

oleh

BULUKUMBA,BI — Komite Medik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar pertemuan rutin dalam rangka penyegaran materi ilmiah, Rabu, 17 Oktober 2018.

Ketua Komite Medik RSUD, dr. H. Usman, Sp.AN sebelum membuka acara tersebut menyampaikan terima kasih kepada para dokter yang telah menyempatkan waktu untuk hadir dalam acara tersebut

“Kita memang satu institusi bahkan satu atap, tapi untuk bertemu dan berkumpul seperti ini sangat jarang. Olehnya itu, dengan acara ini, semoga tali silaturrahim diantara kita akan semakin erat”. Tutur dokter spesialis anastesi itu.

Acara yang digelar di ruang komite medik lantai 3 gedung IGD rumah sakit diikuti oleh puluhan dokter umum dan dokter spesialis.

Pada kesempatan tersebut, yang mendapat giliran dalam memaparkan materi yakni dokter patologi klinik RSUD
Dr. Hj. Andi Ariani Said Culla yang mendapat kepercayaan membawakan materi ilmiah.

Asriani Said Culla menyampaikan, bahwa patologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang penyakit dan patoligi, yang terbagi menjadi 3 bagian, yakni patologi anatomi, patologi forensik, dan patologi klinik.

Dijelaskannya bahwa patologi klinik mempelajari penyakit dalam mendiagnosa dan mengevaluasi pengobatannya melalui pemeriksaan cairan tubuh.

“Cairan tubuh yang dimaksud seperti darah, urine, faeces yang kemudian pemeriksaannya dilakukan di laboratorium,” Kata perempuan yang akrab disapa dr. Ani itu.

Sebelum mengakhiri materinya, dokter yang bertugas di ruang laboratorium RSUD itu menyambut baik acara rutin yang diagendakan oleh komite medik.

Menurutnya, selain sebagai ajang silaturrahim pertemuan ini juga diharapkan untuk lebih mengasa lagi tugas dan fungsi masing-masing dalam bentuk penyegaran ilmiah.

“Pisaupun akan tumpul ketika tidak di asah, begitupun otak harus terus di update dalam memperkaya artikel-artikel tentang dunia kesehatan,”ungkasnya.(ADV)