Jaga Kesehatan Mata Anda, Ini Tips Dari Dokter Spesialis Mata RSUD Bulukumba

oleh

BULUKUMBA,BI — Mata merupakan salah satu Indra terpenting buat manusia. Dengan mata kita bisa menikmati indahnya pemandangan, dengan mata manusia dapat membedakan ribuan juta warna dan bentuk di dunia.

Untuknya itu, jaga mata anda, agar mata anda terus terjaga hingga anda lanjut usia.

Menurut dokter spesialis mata RSUD Sulthan Dg Radja Bulukumba, dr. Aisyah Muhlisa, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, antara lain makan banyak buah dan sayuran, terutama wortel yang sarat akan beta karoten yang berfungsi membantu menjaga kesehatan mata.

Selain itu, kurangi penggunaan tetes mata, lebih baik menggunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata dengan cara menaruh irisan mentimun di atas kelopak mata, untuk mencegah bengkak.

Hindari duduk terlalu lama di depan komputer, kenakan kacamata disaat yang tepat, seperti berkacamata seperti berkacamata menghindari terik matahari sebagai pelindung sinar UV, dan jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang.

” Kita terkadang sering lupa untuk merawat kesehatan mata, padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Karena tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang orang terdekat kita”. Tutur dr. Aisyah beberapa hari lalu pada saat membawakan materi tentang kesehatan mata di Rsud H. Andi Sulthan Daeng Radja.

Dilanjutkannya, bahwa ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata tetap terjaga antara lain yakni makan banyak buah dan sayuran terutama wortel yang sarat akan beta karoten yang berfungsi membantu menjaga kesehatan mata.

Selain memaparkan tentang kesehatan mata, dr. Aisyah juga menyampaikan hal hal yang perlu diperhatikan bagi pasien setelah melakukan operasi katarak.

Terutama menghindari make up atau riasan pada mata dan sekitar sampai dua minggu,  setelah operasi dan tidak melakukan aktivitas berat seperti menghindari mengangkat yang berat berat hingga 2 bulan kedepan, serta rutin mengontrol setelah melakukan operasi katarak.

” Diharapkan pasien setelah melakukan operasi katarak patuh terhadap anjuran dokter untuk mengontrol matanya”. Jelas dokter berhijab itu.

Selain itu dr. Aisyah juga mengajak masyarakat untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatannya, terkhusus kesehatan mata di tempat pelayanan kesehatan terdekat seperti Puskesmas dan Rumah Sakit

Untuk Rsud Haji Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, poli klinik pemeriksaan mata buka setiap hari kerja, mulai jam 7.30 hingga 14.00 siang.(ADV)