Ini Tips Mengendalikan Tekanan Darah Serta Hindari Hipertensi Dari Petugas Gizi RSUD Bulukumba

oleh

BULUKUMBA,BI –Apakah anda penggemar makanan berlemak? Bersantan, atau makanan instan yang cepat saji?

Mulai sekarang hentikan, jika anda ingin terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi atau dikenal dengan penyakit hipertensi.

Makanan yang mengandung lemak tinggi sangat berpengaruh untuk menaikan tekanan darah, bahkan hanya hitungan jam saja tekanan darah seseorang dapat berubah. Contohnya seperti otak, ginjal, paru, daging kambing, makanan bersantan, mentega dan keju yang berlebihan

Hal itu di ungkapkan oleh A. Rahmatia petugas gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sul Sel) saat melakukan penyuluhan mengendalikan Tekanan darah dan hipertensi,Kamis,30 Agustus 2018.

“Selain menjaga pola makan, kita juga harus rutin berolahraga serta jangan merokok dan minum minuman yang beralkohol”. Ungkap Tia, pada acara penyuluhan yang bertemakan Kendalikan Tekanan Darah dan Stop Hipertensi, di RSUD Bulukumba.

Menurutnya, tekanan darah tinggi merupakan pemicu berbagai macam penyaki, jika terlalu lama tidak tertangani dan tidak terkontrol.

“Hipertensi dapat memicu datangnya penyakit lain seperti gagal ginjal, jantung koroner, hingga stroke”. Jelasnya

Olehnya itu, wanita berkacamata ini menyarangkan untuk makan makanan yang beraneka ragam dengan mengikuti pola gizi seimbang, dan perbanyak makan buah yang tinggi akan kalium seperti sukun, alpukat, pisang, dan markisa dan buah buahan yang tinggi anti oksidan seperti mangga, pepaya, melon, jeruk, anggur dan buah yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi.(adv)