HGU Akan Berakhir,DPRD Usulkan Pemkab Miliki Saham di PT Lonsum

by

BULUKUMBA,BI — Pemerintah Kabupaten Bulukumba melakukan rapat di kantor Kemeterian Dalam Negeri (Kemendagri) Rabu, 8 Agustus 2018.

Rapat bersama di fasilitasi oleh Kemendagri yang menghadirkan Bupati Bulukumba, Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, perwakilan dari masyarakat, lembaga adat dan LSM Agra Bulukumba, serta penjabat provinsi Sulawesi Selatan dan Kementerian ATR/BPN.

Rapat tersebut membahas, Hak Guna Usaha (HGU) PT. London Sumatera (Lonsum) di Bulukumba yang akan berakhir 2023 mendatang.

Ketua DPRD Bulukumba, A.Hamzah Pangki mengatakan DPRD mengusulkan agar Pemkab memiliki saham 40 persen di PT. Lonsum.

Karena menurut Hamzah, 40 persen lahan Lonsum punya masyarakat, sehingga wajar menurutnya. Agar ada penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

” Yang 40 % itu publik punya dan 60 % itu lonsum sendiri, kami mengusulkan supaya Pemda juga masukkan saham  pada lonsum supaya adil dan punya kontribusi berupa PAD nantinya,” tulis Hamzah melalui akun WhatsAppnya.

Selain saham, DPRD menurutnya meminta rekonstruksi batas HGU dan pengukuran ulang untuk kepastian HGU lonsum, yang mana hak adat serta hak masyarakat.

Selain itu, lanjut Hamzah rapat juga menyepakati dibentuk tim kecil yang beranggotakan Kemendagri, kementrian ATR / BPN, Pemprov Sulsel , Pemkab Bulukumba, DPRD Bulukumba , PT lonsum pusat dan perwakilan masyarakat Bulukumba.

” Tim kecil ini bertugas memastikan batas-batas HGU PT Lonsum dan hak adat dan hak masyarakat sebelum perpanjangan HGU tahun 2023,” jelas Hamzah.(awa)