Festival Pinisi Singkirkan Taka Bonerate Dari 100 Wonderful Event

oleh

BULUKUMBA,BI — Masyarakat Bulukumba harus berbangga. Pasalnya Festival pinisi masuk dalam 100 Wonderful event yang akan dilaksanakan 2018 ini dari Kementerian Pariwisata, yang menyingkirkan festival Taka Bonerate dalam kalender event nasional Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali dalam Soft Launching wisata Bulukumba,Minggu, 4 Februari di lapangan tennis Pantai Bira.

Menurut Sukri, lolosnya festival pinisiĀ  menjadi event nasional melalui proses penyaringan yang sangat ketat, yang harus berkompetensi bersama 5000 even pariwisata yang ada di Indonesia.

” Bulukumba harus berbangga, Karena even kita masuk dalam kalender nasional, ini berkat kerjasama yang baik, termasuk pak Syahrul Yasin Limpo (Gubernur Sulawesi Selatan)yang terus mendukung pariwisata Bulukumba,” ujar purnawirawan TNI itu.

Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng yang dikonformasi berita-indo.com mengakatan jika launching soft festival Bulukumba merupakan pembukaan agenda perayaan festival yang akan dirayakan di Bulukumba, seperti Jelajah hutan karet yang rencananya dilaksanakan Februari, Bira Run 30 hingga 1 Juli, serta event festival pinisi yang masuk dalam kalender nasional.

” Kita harus pertahankan ini, karena bisa saja nanti kita tersingkir jika tidak dikelola dengam baik,” ujarnya.

Untuknya itu, dalam mempertahankan posisi tersebut, Ali mengaku akan mempersembahkan festival pinisi yang lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya pariwisatawan lokal saja, namun akan menghadirkan pariwisata mancanegar.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dalam sambutanya mengaku sangat jatuh cinta dengan bira. Wisata Bulukumba menurutnya anugrah terindah dari maha kuasa yang didaerah lain belum ada yang bisa menandinginya.

” Jangan mati dulu kalau belum ke Bira. Saya mau semua yang hadir turut promosikan melalui twiter, facebook, sms bumingkan bira,” pintanya.(rin)