Cegah Pelanggaran, PBB Bulukumba Bekali Calegnya Peraturan Kepemiluan

oleh

BULUKUMBA,BI — Partai Bulan Bintang (PBB) Bulukumba menggelar Musyawarah Kerja dirangkaikan dengan pembekalan calon legislatif, di Hotel Agri, Jalan R Suprapto,Kelurahan Tanah Kongkong, Kecamatan Ujung Bulu, Bulukumba, Minggu, 13 Oktober 2018.

Kegiatan tersebut, dihadiri ratusan caleg partai besutan Yusril Ihza Mahendra, yang mengandeng Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bulukumba, untuk bekal ilmu kepemiliuan caleg agar tidak melanggar.

Ketua PBB Bulukumba, H Safiuddin, mengaku sengaja menggandeng Bawaslu, agar para caleg mengerti aturan dalam pesta demokrasi 2019 mendatang, terlebih PKPU dan beberapa regulasi kerap berubah-ubah.

“Kita ajak para caleg kita agar tahu masalah regulasi, agar ada kesepahaman. Tujuannya supaya tidak ada yang terjebak dalam hukum,” kata legislator yang akrab disapa H Aksi itu.

H Aksi mengaku, dirinya tidak sekadar menginginkan kemenangan, namun bagaimana menjadi contoh bagi partai lain, untuk bisa bertarung dengan cara yang benar, tanpa ada saling menjatuhkan.

“Salahsatunya masalah baliho dan wilayah mana saja bisa dipasang, termasuk hadiah dan publikasi lewat media sosial dan media massa. Ini penting agar semua bisa berjalan sesuai tahapan dan aturan,” kata legislator komisi D itu.

Tiga anggota Bawaslu Bulukumba, hadir di acara tersebut. Mereka saling bergantian memberikan pencerahan terkait beberapa hal penting dalam pengawasan pemilu.

Salahsatunya mengenai pengawasan tahapan kampanye yang disampaikan oleh Komisioner bagian Koordinator Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bulukumba, Abd Rahman.

“Kampanye di media cetak maupun elektronik itu belum bisa. Sesuai aturan, 21 hari sebelum pemilihan,” jelas Abd Rahman.

Selain itu, Abd Rahman meminta masyarakat dan partai politik (Parpol) untuk mengawasi Bawaslu.

Tujuannya, kata dia, untuk menciptakan pemilu yang berintegritas, agar hasil pemilu nantinya tidak dipermasalahkan masyarakat.

“Kami berharap pemilu berjalan lancar. Awasi juga kami sebagai pengawas,” pungkasnya.(awa)