Belum Lakukan Rekrutmen Anggota KIP, DPRD Sebut Pemkab Bulukumba Melanggar Aturan

oleh

BULUKUMBA,BI– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba menilai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melanggar aturan.

Hal tersebut dikarenakan ,Pemkab hingga saat ini belum juga melakukan rekrutmen anggota Komisi Informasi Publik (KIP), sebagaimana diatur dalam UU no 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ketua DPRD Bulukumba,Andi Hamzah Pangki mengaku telah mengajukan surat sejak bulan Juli 2018, agar Pemkab Bulukumba  melakukan rekrutmen anggota KIP, namun hingga saat ini belum juga terealisasi.

” UU sudah jelas, Perdanyapun telah ada. Seharusnya saat ini telah dilakukan rekrutmen, namun belum dilakukan, padahal sudah lama kita ajukan suratnya,” kata Hamzah Pangki.

KIP kata Hamzah sangat penting ada, karena menyangkut keterbukaan informasi kepada masyarakat, serta ada bentuk pengawasan dan  transparansi serta akuntabel Pemerintah Kabupaten sebagai penyelenggara pemerintahan.

” Saya kira jelas agar ada kontrol, karena didalamnya ada semua perwakilan masyarakat itu harapan kami, sehingga Pemerintah mulai dari desa kecamatan dan DPRD Bulukumba terawasi, sisa laporan pertanggunjawabanya dilaporkan ke bupati dan DPRD. sehingga pembentukan KIP sangat urjen,” kata Ketua DPD II, Partai Golkar Bulukumba itu saat ditemui beberapa waktu lalu.

Senada diungkapkan Anggota DPRD Bulukumba, Fahidin HDK yang mendesak agar Pemkab segera melakukan rekrutmen anggota KIP.

Karena menurut ketua PKB Bulukumba itu, hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

” KIP salah satu indikator keterbukaan informasi kita pada masyarakat, juga merupakan poin untuk mendapatkan WTP dari BPK,” jelas Fahidin.

Wakil Bupati Bulukumba,Tomy Satria Yulianto yang dikonfirmasi mengaku belum belum bisa memberikan tanggapannya terkait KIP, pasalnya hingga saat ini dirinya belum mendapatkan informasi mengenai pembentukan KIP di Bulukumba.

” Belum saya dapat informasinya, saya cari tahu dulu,” singkat Tomy.(awa)