oleh

Tingkatkan Pelayanan, TNI Polri Diberi Pelatihan Komunikasi

BULUKUMBA,BI — Kepolisian Resor Bulukumba (polres) bersama jajaran TNI mengikuti kegiatan sharing komunikasi dan motivasi, di aula Parama Satwika Mapolres Bulukumba, Selasa, 29 Maret 2022.

Kegiatan ini guna meningkatkan pelayanan kepolisian dan TNI sebagai pengayom kepada masyarakat melalui komunikasi yang baik.

Kegiatan tersebut disi oleh pemateri handal dibidangnya, telah malang melintang di dunia komunikasi dan motivasi,
Dr Aqua Dwipayana.

Kegiatan bertajuk The Power Of Silaturahmi, Sharing Komunikasi Dan Motivasi itu dihadiri ratusan personil kepolisian dan anggota TNI Kodim 1411 Bulukumba.

Kapolres Bulukumba AKBP Suryono Ridho Murtedjo, menyampaikan ucap selamat datang kepada DR. Aqua Dwipayana yang telah berkenan hadir di Polres Bulukumba dalam acara Komunikasi dan Motivasi guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Polisi berpangkat dua bunga itu berharap kegiatan ini mampi meningkatkan pengetahuan dan wawasan, guna terwujudnya komunikasi yang harmonis kepada semua pihak sekaligus menumbuhkan motivasi guna meningkatkan etos kerja dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok sesuai profesionalisme masing-masing.

“Saya mengajak seluruh rekan – rekan personel yang hadir pada kesempatan ini agar dapat betul – betul mengikuti acara dengan baik karena hari ini kita akan menerima ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta menambah motivasi, meningkatkan kinerja dalam melaksanakan dinas sehari-hari,” tambahnya.

Dalam materinya, Dr Aqua Dwipayana menyampaikan bahwa untuk meningkatkan produktifitas organisasi, maka perlu meningkatkan produktifitas orang-orang yang ada didalamnya.

Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, karena kesalahan kerja adalah hasil dari komunikasi yang buruk.

Untuk meningkatkan komunikasi, kata Aqua, memiliki rumus Reach, Plus dan AC.

Agar komunikasi tercapai dan giat dalam bekerja sukses, yang pertama Reach adalah menghormati orang lain, selalu merasakan apa yang dirasakan orang lain, dapat didengar dan dipahami, gunakan kalimat yang sederhana, rendah hati dan tidak sombong, serta melakukan aksi nyata dan selalu konsisten.

“Menjadi pribadi yang handal janganlah menjadi pribadi yang lemah. Sebagai anggota TNI – Polri jangan menjadi orang yang lemah dalam pengetahuan teruslah belajar mencari ilmu pengetahuan”.

TNI-Polri dalam menjalankan kehidupan sehari- hari, kata Aqua harus menerapkan konsep hidup 3 B yakni Berdoa, Bekerja secara optimal dan Bersyukur.

Serta harus lebih humanis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena itu, memperkuat kemampuan komunikasi sangat strategis untuk mewujudkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang Presisi.

“Harus ikhlas dalam melaksanakan kegiatan dalam membantu masyarakat sehingga bernilai ibadah dalam setiap kegiatan, perlu peningkatkan kemampuan kwalitas sumber daya manusia , jangan banyak mengeluh dengan kendala yang dihadapi dalam melaksanakan tugas dilapangan jadikan setiap kendala itu sebagai cambuk atau pelajaran berhargq dalam setiap kegiatan,” kata Aqua.

Untuk mewujudkan semua itu anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) ini menyarankan semua anggota TNI – Polri di mana saja berada agar secara konsisten melaksanakan Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble, Action dan Consistensy (REACH Plus A+C). Tidak hanya saat bertugas saja.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan buku berjudul Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milineal serta buku berjudul Humanisme Silaturahim Menembus Batas yang ditulis Dr Aqua Dwipiyana kepada Kapolres Bulukumba AKBP Suryono Rudho Murtedjo dan Dandim 1411 Bulukumba, yang diwakili oleh Pasi Pers Kodim Kapten A Irfan.(Abf)