oleh

Dipimpin Langsung Kapolres Bulukumba, Eksekusi Lahan di Bulukumpa Sukses

BULUKUMBA,BI– Kepolisian Resor Bulukumba kembali berhasil mengawal ekseskusi lahan warga yang tengah bersengketa dengan cara damai.

Kali ini, eksekusi dilakukan pada lahan kebun yang terletak di Lingkungan Bontorihu, Kelurahan Ballasaraja Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba, Rabu,23 Maret 2022.

Dalam putusan pengadilan Negeri Bulukumba, lahan seluas 0,42 Hektare tersebut dimenangkan oleh penggugat atas nama Muh Sain setelah bersengketa dengan pihak termohon atas nama Cekong dan Nurhalifa.

Kapolres Bulukumba, AKBP Suryono Ridho Murtedjo, mengungkapkan, bahwa pengawalan eksekusi yang dilakukan pihaknya tersebut dibantu oleh personil TNI Kodim 1411 Bulukumba.

Eksekusi lahan, kata polisi berpangkat dua bunga itu berdasarkan penetapan Ketua Pengadilan Negeri Bulukumba, dengan No. 8/Pdt.G / 2021/PN BLK tanggal 31 Mei 2021.

” Pada perkara tersebut dimenangkan oleh penggugat Muh Sain. Putusan Pengadilan Negeri Bulukumba
tanggal 27 Desember 2021, Nomor : 7/Pdt.Eks/2021/PN.Blk Jo Nomor : 8/Pdt.G/2021/PN.Blk, surat dari Pengadilan Negeri Bulukumba Nomor : W22-U11/604/HK.08.02/III/2022, tanggal 17 Maret 2022, tentang Pelaksanaan Putusan Hakim / Pelaksanaan eksekusi,” jelas Suryono.

Dalam eksekusi tersebut, AKPB Suryono nampak didampingi para perwiranya, sepertj Wakapolres KOMPOL Umar, Kabag Ops KOMPOL Gani, serta Kabagren KOMPOL Sugito.

Pada proses pengawalan eksekusi, Polres Bulukumba menurunkan sedikitnya 45 personel, ditambah dengan 5 personel Kodim 1411 Bulukumba.

“ Alhamdulillah berkat kerja sama semua pihak pelaksanaan eksekusi kali ini dapat berjalan lancar dan kondusif ,” pungkas Kapolres.

Dalam eksekusi ini kata Suryono, sempat terjadi aksi protes dari pihak tergugat, tetapi melalui pendekatan secara persuasif sehingga eksekusi ini berhasil dilaksanakan.

“Sempat terjadi aksi protes dari pihak tergugat tapi Alhamdulillah dengan pendekatan secara persuasif oleh personel sehingga pihak tergugat yang sebelumnya menolak bisa diredam dan eksekusi berhasil dijalankan,” kata AKBP Suryono Ridho Murtedjo.

Jurusita PN Bulukumba Muhammad Arifin, mengatakan panitera Pengadilan Negeri Bulukumba melakukan pengosongan pada lokasi atau obyek sengketa dengan cara membongkar rumah kebun dan memotong seluruh pohon atau tanaman yang berada didalamnya.(Abf)