oleh

Aspirasi AIA, Sulap Bintarore dan dan Kalumeme Jadi Kawasan Tanpa Kumuh

BULUKUMBA,BI– Dua kelurahan di Kecamatan Ujungbulu Bulukumba keciprat anggaran Rp 2 Miliar, dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2021 ini.

Anggaran tersebut untuk mendanai pembangunan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kelurahan Kalumeme dan Bintarore.

Masing-masing kelurahan mendapatkan Rp1 Miliar, yang diperuntukkan untuk pembangunan jalan paving blok, drainase, jalan rabat beton, sumur bor, jembatan pelintas, dan septik komunal.

Proses peletakan batu pertama program ini sudah dilaksanakan, Senin,12 Juli 2021 siang, oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, bersama Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf.

Program ini merupakan aspirasi dari Andi Iwan yang merupakan anggota DPR RI yang berasal dari Dapil II, salah satu Bulukumba.

Olehnya itu, AIA akronim namanya, berharap agar ada kerjasama dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, untuk menyukseskan kegiatan itu.

Kedepan, Iwan juga mengupayakan agar bantuan untuk Bulukumba bakal bertambah 2022 mendatang.

Sementara Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf, mengaku siap membantu dan mendukung penuh untuk jalannya program tersebut.

Kepala Balai Jeneberang Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Achmad Yasiri, mengatakan bahwa program KOTAKU secara reguler di Bulukumba ada dua.

Termasuk kegiatan Cash For Work (CFW) yang dianggarakan Rp900 di Bentengnge, Kelurahan Terang-terang, dan Kelurahan Ela-ela.

Itu dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19.

Itu sebagai upaya mitigasi memberikan penghasilan tambahan untuk kelompok berpenghasilan rendah melalui skema padat karya tunai.

“CFW ini adalah kegiatan semacam bantuan kerja kepada masyarakat. Ketika masyarakat berkerja itu dibayar harian, itu memperbaiki infrastruktur yang mengalami kekurangan kualitas, seperti kalau ada jalan rusak diperbaiki, ada irigasi rusak itu di perbaiki,” kata Achmad Yasiri.

Ditahun ini, Bulukumba kata Achmad Yasiri, mendapatkan anggaran 30 Miliar. Itu termasuk program kotaku dan kelanjutan pembangunan Rest Area di Kecamatan Bulukumpa.

Rest area yang dibangun tersebut katanya, menggunakan konsep
Michi no Eki, rest area yang menyediakan tempat beristirahat nyaman dan layanan berkualitas lainnya bagi pengguna jalan, dengan melibatkan peran serta masyarakat lokal.

“Kalau anggaran keseluruhan ada Rp30 Miliar lebih yang teralokasikan ke Bulukumba, itu untuk beberapa sektor, ada beberapa balai untuk pembangunan prasarana,” katanya.(Abf)

Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) meletakkan batu pertama pada pembangunan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Bintarore, Kecamatan Ujungbulu, Senin, 12 Juli 2021.