oleh

Bantaeng dan Sinjai Tergenang Banjir, Bulukumba Masih Aman

BULUKUMBA,BI – Hujan deras yang mengguyur daerah kawasan selatan Sulawesi Selatan sejak Rabu 7 Juli 2021, mengakibatkan sejumlah daerah tergenang banjir. Diantaranya, Kabupaten Bantaeng dan Sinjai.

Meski hujan deras, namun saat ini Kabupaten Bulukumba dipastikan masih aman dari terjangan banjir. Kerusakan beberapa jembatan seperti Desa Tamaona, Kecamatan Kindang, diduga karena pengaruh konstruksi yang tidak kuat menahan beban curah hujan.

“Alhamdulillah, berkat kerja kerja tim. Pengendalian banjir yang dilakukan sebagai strategi kebijakan Bupati dan Wabup menunjukkan hasil positif,” kata kepala BPBD Bulukumba, Akrim A Amir, Kamis, 8 Juli 2021.

Dia menjelaskan, bahwa ini tentu membuat semua harus bersyukur. Sebab, masyarakat bisa dilindungi dan aman dari banjir.

Hanya saja, hujan deras yang terjadi mengakibatkan sejumlah kerusakan jembatan di Kabupatjembatan By. Pao Dusun Tappalang Desa Bontobulaeng, dan tanggul jembatan Katangka Desa Batu Karopa.

“Dugaan sementara, karena kontruksinya yang tidak kuat menahan beban, karenanya akan dilakukan evaluasi terhadap pekerjaan konstruksi yang secara kualitas tidak layak,” jelasnya.

Bupati Bulukumba sudah mengingatkan OPD terkait untuk memperhatikan kualitas pekerjaan konstruksi, dan evaluasi terhadap pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan pihak ketiga.

Berdasarkan laporan perkembangan kejadian banjir, sejumlah daerah mengalami kejadian yang cukup parah, Kabupaten Sinjai, Jeneponto, dan Bantaeng.

“Alhamdulillah Bulukumba aman,” ungkap Kepala Diskominfo Bulukumba, Daud Kahal. (Rls)