oleh

Operasi Ternak di Bira, Satpol PP Bulukumba Aman 4 Kambing

BULUKUMBA,BI– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bulukumba mengamankan empat ekor ternak kambing di kawasan wisata Tanjung Bira, Bulukumba, Senin,5 April 2021.

Penangkapan empat ternak tersebut merupakan hasil operasi Ternak, dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) nomor 13 tahun 2013 tentang pemeliharaan dan penertiban ternak.

” Kita amankan 4 ekor kambing dalam operasi di Bira. Ini merupakan bentuk tindak lanjut atas laporan pengunjung dan masyarakat di Bira yang mengeluhkan banyaknya ternak berkeliaran,” kata Kasi Penegakan Perda, Satpol PP Bulukumba, Munir.

Saat ini, kata pengusaha ikan tersebut, empat ekor kambing yang ditangkap di Bira diamankan di kantor Satpol PP di jalan Jenderal Sudirman, kota Bulukumba.

” Empat kambing itu diamankan di kantor Satpol PP, karena kami belum punya fasilitas kandang untuk mengamankan ternak yang terjaring,” kata Munir.

Munir berharap, langkah yang dilakukan pihaknya mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Bulukumba.

Guna mewujudkan kawasan Bira dan kota Bulukumba bebas dari ternak berkeliaran.

Sekadar diketahui, Tak hanya di Bira, Satpol PP Bulukumba belakangan hari ini memang aktif melakukan operasi ternak.

Telah banyak ternak yang telah diamankan dan banyak pula yang telah dikembalikan ke pemiliknya setelah membayar denda.

Bagi peternak yang ingin mengambil ternaknya, diwajibkan membayar denda sebesar Rp 500.000 untuk kambing. Sementara untuk ternak sapi dendanya sebesar Rp 1.000.000.(**)