oleh

Operasi, Satpol PP Bulukumba Kembali Amankan Ternak Berkeliaran Dalam Kota

BULUKUMBA,BI– Dalam sepekan ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bulukumba sedang gencar-gencarnya melakukan operasi ternak diwilayah kota Bulukumba.

Kali ini operasi dilakukan Satpol PP disepanjang jalan Cendana dan beberapa wilayah Jalan Merpati Bulukumba mengamankan satu ekor ternak sapi dan satu ekor kambing.

” Ini dalam rangka operasi ternak liar. Hari ini kita mengamankan satu ekor sapi dan satu ekor kambing,” kata Andi Baso Bintang melalui pesan WhatsAppnya.

Andi Baso mengaku, jika pihaknya akan terus melakukan operasi hingga kota Bulukumba bebas dari ternak liar.

Pasalnya hal tersebut sudah menjadi ketentuan, sebagaimana diatur dalam Pertauran Daerah (Perda) No 13 tahun 2013, tentang pemeliharaan dan penertiban ternak.

” Anggota (Satpol PP) kita memang aktif melakukan operasi ternak. Apalagi akhir-akhir ini ternak banyak berkeliaran dan sangat dirisaukan oleh masyarakat,” kata Andi Baso Bintang.

Bagi peternak yang ingin mengabil ternaknya, diwajibkan membayar denda sebesar Rp 500.000 untuk kambing. Sementara untuk ternak sapi dendanya sebesar Rp 1.000.000.

“Pembayarannya itu tidak ke kami, langsung masuk ke kas daerah, melalui Bank Bank Sulselbar,” kata pria berambut cepak itu.(**)