oleh

Berfoto Menggunakan Simbol Salah Satu Paslon, Bupati Bulukumba Dilapor ke Bawaslu

BULUKUMBA,BI– Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali dilapor ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bulukumba, Senin, 14 September 2020.

Pelaporan tersebut dilakukan Forum Demokrasi Rakyat (FDR) atas beradarnya foto bupati dua periode itu yang menggunakan simbol salah satu Pasangan Calon (Paslon) Bakal Calon (Bakal) Bupati dan wakil Bupati Bulukumba.

“Beredar foto bupati bersama dengan simpatisan salah satu pasangan calon. Sebagaimana bentuk postur tubuhnya memberikan simbol atau ciri khas,” kata pengurus ForYurdinawan di temui di Bawaslu Bulukumba, Jalan Kusuma Bangsa, Caile, Kota Bulukumba.

Menurut dia, postingan foto tersebut beredar sejak tiga hari lalu. Sehingga Forum Demokrasi Rakyat melaporkan tentang dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Bupati Bulukumba itu.

Dalam laporan yang dilayangkan oleh forum demokrasi rakyat, kata Yurdinawan pihaknya memberikan enam bukti foto kepada Bawaslu Bulukumba. Kemudian menanti jawaban dari Bawaslu setelah laporan diterima.

Yurdinawan juga mengancam akan melakukan upayah lain jika laporan yang dilayangkan oleh forum demokrasi rakyat tidak ditindaki Bawaslu.

“Kami akan mengambil upayah lain jika laporan kami tidak ditindak lanjuti oleh Bawaslu,” tegasnya.

Sementara, Devisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar, menjelaskan pihaknya telah menerima laporan terkait dugaan pelanggaran pemilu dari forum demokrasi rakyat.

Yang dimana, menurut Bakri terlapor merupakan pejabat di Kabupaten Bulukumba.

“Kami sudah terima laporan dari teman-teman forum demokrasi rakyat,” ucap Bakri Abubakar.

Kemudian, kata Bakri, setelah laporan diterima Bawaslu Bulukumba, pihaknya segera melakukan analisa terkait laporan tersebut.

Hanya saja jika laporan itu telah memenuhi syarat formil maka Bawaslu segera memanggil klarifikasi terkait laporan itu.

“Jika memenuhi syarat maka kami akan lakukan pemanggilan klarifkasi terhadap terlapor,” jelasnya. (**)