oleh

Warga Desa Bialo Bulukumba Antusias Sambut Peserta Pelatihan Psikososial

BULUKUMBA, BI – Pelatihan Psikososial peningkatan resilensi anak digelar di Desa Bialo Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan tersebut dihadiri kader inklusi dari berbagai organisasi di Indonesia, Senin, 9 sampai 13 Maret 2020.

Pada kesempatan tersebut, Kader Pandu Inklusi Nusantara, Agusriadi Maula dalam sambutannya mengatakan bahwa, peserta pelatihan bakal belajar banyak soal budaya dan tradisi di Desa Bialo.

Pertama di Indonesia Menurut Agusriadi, kegiatan pelatihan psikososial peningkatan reseliensi anak pertamakali dilakukan di Indonesia.

Kegiatan tersebut menghadirkan pegiat organisasi sosial inklusi dari seluruh Indonesia.

Para peserta dari berbagai daerah dengan kultur budaya dan agama yang berbeda.

Peserta kegiatan ini tidak tinggal dalam satu lokasi, para peserta menginap di rumah penduduk.

Tiap organisasi mengirim dua orang delegasi, peserta tidak tinggal bersama dengan delegasi dari organisasinya.

“Peserta yang berada di rumah warga dengan latarbelakang daerah yang berbeda akan terjadi pertukaran budaya,” kata Agusriadi Maula.

Dia juga berterimakasih pada warga Bialo yang telah bersedia dan antisias menerima peserta menginap dirumahnya selama empat malam.

Dia juga mengimbau warga Bialo memberi resep makanan khas Bulukumba untuk para peserta kegiatan yang menginap di rumah warga.

“Intinya saya berterimakasih pada Forum Anak Desa Bialo, Gerak Pemuda Bialo dan Kelompok Kecapi Bialo dan warga yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tutup dia.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Bulukumba, Andi Kurniady mengajak warga Bialo untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

“Suguhkan makanan khas daerah Bulukumba, supaya peserta bisa menikmati. Jangan lupa memberikan resep makanan, supaya pada saat peserta kembali ke daerahnya masing-masing, bisa membuat makanan khas Bulukumba,” kata dia.