Anggota DPRD Bulukumba Akan Laksanakan Orientasi di Makassar

oleh -218 views

BULUKUMBA,BI– 40 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu, dijadwalkan akan melaksanakan orientasi selama lima hari di Kota Makassar.

Kegiatan tersebut akan berlangsung mulai tanggal 25 hingga 29 Agustus 2019, yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provisinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Orientasi tersebut merupakan kewajiban anggota DPRD yang baru saja dilantik, baik yang Incumben ataupun anggota DPRD yang baru menduduki kursi di parlemen.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris DPRD Bulukumba, HM Daud Kahal, Rabu, 21 Agustus saat ditemui di ruang kerjanya.

Kewajiban anggota DPRD mengikuti orientasi pasca dilantik, kata Daud Kahal diatur dalam Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang pedoman penyelenggaraan orientasi dan pendalaman tugas bagi anggota DPRD propinsi dan kabupaten kota.

” Di kegiatan orientasi nantinya DPRD akan diberi ilmu, termasuk pembekalan nilai-nilai kebangsaan,” kata Mantan Kabag Humas Setkab Bulukumba itu.

Tidak ada yang namanya, baru ataupun anggota DPRD lama kata Daud, semuanya memiliki hak melaksanakan orentasi ataupun Bimbingan Teknis (Bimtek).

Sebagaimana diatur UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yakni 6 kali dalam setahun, 3 kali didalam daerah dan 3 di luar daerah.

” Orientasi ataupun Bimteknya juga tidak sembarangan, harus yang berkompeten seperti BPSDM, Perguruan Tinggi atau Parpol, tergantung apa yang direkomendasikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” jelas Daud.(Awa)