50 Penyelam Akan Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Perairan Bira

oleh -200 views

BULUKUMBA,BI– Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 74 di kabupaten Bulukumba akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Pasalnya ada pengibaran bendera raksasa di Perairan Tanjung Bira, Bulukumba pada puncak perayaan HUT RI, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Pengibaran bendera raksasa berukuran 4,75 x 28 meter yang akan dikibarkan di dasar laut perairan Tanjung Bira dilakukan oleh 50 orang penyelam yang berasal dari Makassar, Bantaeng, Bone dan Bulukumba, bahkan 5 diantaranya berasal dari negara Perancis, Jerman dan Inggris.

Bendera tersebut kini telah berada ditangan para penyelam, yang telah diserahkan langsung oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali di Rumah Jabatan Bupati, sebagai tanda akan dimulainya kegiatan upacara bendera Merah Putih bawah laut di perairan Tanjung Bira yang mengambil tema “Merah Putih Tanjung Bira untuk Indonesia”.

Panitia pelaksana sekaligus peserta, Rida mengemukakan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian dari launching terbentuknya klub diving di SMK Negeri 1 Bulukumba.

Yang diberi nama Skansa Diving Club sekaligus memperingati HUT Republik Indonesia ke-74 dengan cara yang berbeda dengan isu penyelamatan lingkungan bawah laut.

Rida yang juga guru di SMK 1 tersebut juga mengatakan, bahwa selain pengibaran bendera raksasa, pihaknya juga akan melakukan kegiatan lain, seperti transplantasi terumbu karang, aksi bersih-bersih pantai Bira dan diskusi penyelamatan lingkungan.

Lebih detail, Rida mengatakan tanggal 16 Agustus malam, para peserta akan technical meeting. Besok paginya sekitar jam 7.30 peserta melakukan Kirab Bendera dari pintu masuk ke kawasan sampai ke bibir pantai Bira, Jam 9.00 pagi menyeberang ke pulau Liukang.

“Menjelang detik-detik Proklamasi kami juga sudah turun di bawah laut pada kedalaman 8 meter untuk mengibarkan bendera Merah Putih raksasa tersebut,” bebernya di halaman rumah jabatan Bupati, Kamis 15 Agustus 2019.

Pada kegiatan ini, peserta diberikan fasilitas gratis seperti penginapan, konsumsi, tabung oksigen, sertifikat dan medical check up.

“Sebenarnya banyak yang mendaftar mau ikut, namun karena gratis, kami selaku panitia membatasi peserta sebanyak 50 orang saja,” ungkap Rida.

Sementara itu, Bupati AM Sukri Sappewali mengapresiasi kegiatan tersebut, ia mengaku bangga anak-anak muda Bulukumba bisa mempelopori kegiatan penyelamatan lingkungan bawah laut tersebut, sekaligus memperingati HUT Proklamasi RI dengan mengibarkan bendera raksasa.

“Selamat, semoga kegiatan kalian berjalan lancar dan sukses mengibarkan bendera raksasa ini,” kata AM Sukri Sappewali.(Awa)