Lima Anak Utusan Lakpesdam Bulukumba Akan Ikut Hari Anak Nasional di Makassar

oleh -207 views

BULUKUMBA,BI– Lima anak utusan Lembaga Kajian dan Pengembanga Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Bulukumba, akan mengikuti Hari Anak Nasional, yang dilaksanakan, Selasa, 23 Juli 2019 di Kota Makassar.

Mereka dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, di kantor Bupati Bulukumba, Kamis,18 Juli 2019.

Kelima anak yang merupakan warga Desa Bialo, Kecamatan Gantarang, tersebut merupakan binaan Lakpesdam Bulukumba yang akan mengikuti serangkain kegiatan yang dihadiri ribuan anak se-Indonesia.

FO Program Peduli Lakpesdam Bulukumba Andi Rini Wahyuningsih mengatakan, jika kegiatan Hari Anak Nasional merupakan kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan.

Untuk 2019 ini, kata wanita yang akrab disapa Rini, Lakpesdam kembali dipercayakan mengutus anak binaanya untuk ikut di Hari Anak Nasional, di Lapangan Karebosi, Makasar yang rencananya akan dihadiri Presiden Indonesia Joko Widodo.

Rini menjelaskan, kelima anak yang merupakan perwakilan Program peduli pilar agama dan kepercayaan di desa ramah anak Desa Bialo, merupakan anak yang telah lama dibina dalam Forum Anak Lakpesdam, yang sebelumnya telah mewakili Sulsel di Hari Anak Nasional 2018 di kota Surabaya.

Forum anak tersebut, sebagai bentuk pemberdayaan anak dan remaja rentan agar mampu menyuarakan dan berperan aktif di dalam proses pengambilan kebijakan, di tingkat desa atau kabupaten kota, untuk memenuhi hak-hak mereka sebagai bagian dari anak Indonesia.

” Forum Anak berfungsi sebagai ‘Ruang Aman’ bagi anak-anak untuk
mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan yang positif, ruang pembauran antara anak-anak rentan dengan anak-anak lainnya, ruang bagi anak-anak untuk dapat mengasah potensi-potensi yang dimilikinya agar mempunyai keyakinan akan masa depan yang lebih baik,” jelas Rini.

Sekadar diketahui, selain anak binaan Lakpesdam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba juga mengutus 20 anak untuk ikut hari anak nasional.

Hanya saja, 20 anak tersebut baru akan bergabung dengan kelima anak utusan Lakpesdam pada puncak peringatan Hari Anak Nasional.(Awa)